15 April 2006

Kamu udah kerja ya? udah!!

First of all, gimana cara dapat kerja? jawabnya adalah: berusaha dan easy going. Usaha yang dapat dilakukan antara lain: cari info lewat koran, buletin, job online, lewat agen atau datang langsung ke employers. Jangan asal grapping! Pikirkan dulu waktu luang yang ada, persyaratan kerja/kerjaannya seperti apa, bikin CV, dan yang penting juga siapkan contact detail, seperti telepon/email. Easy going aja dengan hasilnya. Enggak "sak deg sak nyeg" lamaran kita diterima. Bagaimanapun berkualitasnya kita, kalo bukan rejeki ya... bukan untuk kita. Aku sendiri dapet kerjanya ga sengaja banget dan tidak terencana. Tadinya cuma jalan-jalan ke Bondi Junction, minggu pagi bersama suami yang baru dateng... hiks...hiks... ceritanya salah masuk counter, terus iseng-iseng nanyain lowongan kerjaan, tanpa tau kerjaan yang mau aku lakukan di sini, lol.

Si boss nanya: [B] "What can you do?",
aku jawab: [E] "eemm.... well, what can I do here?" (stupid banget ga sih..), I'm a student, I can learn, tell me what I can do here
[B] "can you sew?",
[E] "what? sewing by machine?",
[B] "yes, yes... of course by machine, how bout cutting, making pattern, measuring?",
[E] "hah...emm...no no no I can't, but I can hand-sew, like fixing buttons or something simple",
[B] (smile) no way... even fixing button, we use sewing machines here.. he he he",
[E] well, actually, long time ago when I was at senior high school, I learned bout that, but I'm not sure that now I still can do it perfectly",
[B] "eemm....long time ago... no no no... we deal with expensive garments here, we can't employ you",
[E] "eem... okey then... but what if you give me chance to try your sewing machine and see what's happened then",
[B] yes... yes... please come in here, you can try as you want, here here... let me see...
[E] bleg...kok mesine beda ma yang di Indo?? udah elektroniks abis, tapi pe-de aja, sok tau, weks... later on.... "this machine is totally different madam with what it's in my country"
[B] "all australian sewing machines is just like this, you know... hehehe...."
[E] "I know, first, we should lift this up, but there's a tool to do so, emm...how... (aku nyoba-nyoba alatnya)"
[B] "use your knee... look at this... do this...this.... carefull... try to do slowly...." huh...hu... no...no...no.... you can't sew you know"
[E] "yes I know... b'cos this is different and have been long time ago... no worries, I'm sorry for bothering you... I know I can't"
[B] "No..no... dosn't matter... where are you from?"
[E] "I'm from Indonesia, I'm studying here for my masters"
[B] "hhuumm.....you're good, it's not easy working here.... hheemmm.... but I like you... you looks honest pepole. You can't do and you said you can't. I like it, it's not easy to find honest person like you... and I need honest one to help me here, like cashier, typing dockets, organise garments, deliver garments to shops like david jones, hugo boss, tarocash, farage, jag, jeanswest, review in myer, versace and many many more... there are our client in this shopping center, do you understand?"
[E] "yup, like this...this... (memparaprasekan apa yang dia jelasin)
[B] "good...good... but we are just a small busniss, I can't give you much money in the near period, I only give you $$$ ph, if you don't mind. you can work everyday, here. We are opened 7days a weeek. do you have TFN?"
[E] "yup, I have TFN, but eeemm....emm....'some amount' dollars per hour? eemm.....eemmm... (kok dikit ya...gak papa lah buat coba2) okey.... I'm trying first, but only for part time working because I'm a student now"
[B] "okey....you can come and try and I'll train you, and see how you can work here... oke... come tomorrow, around 11am, okey"
[E] "okey....see you tomorrow, bye..."

what is essential that you can draw from this conversation? up to you to think about, however, ini pengalamanku, bukan berarti hal yang sama akan terjadi pada orang lain. Kisah ini sepenuhnya disutradai oleh Tuhan, aku aja ga habis pikir tentang apa yang baru takceritain di atas. Apalah arti diriku ini di antara berbagai kerumitan dunia... ceileh....

To sum up, aku kerja di Looksmart Alteration, the biggest alteration in Australia. Belum tentu pekerjaan yang sepertinya 'mudah' ini, mudah dilakukan. Dua minggu pertama, kalo aku buat kesalahan atau sering tanya, masih dianggap wajar oleh mereka. Suatu saat, karena aku sering buat kesalahan, setiap kesalahan dituduhkan ke aku. Hiks...hiks...huaa....huaa....huaa.... bener. gara-garanya, ada alterer yang lupa gak nyimpen receipt celana dari armani, yang dia alter, soalnya, para alterer kan selain dibayar berdasarkan jam, juga dibayar berdasarkan garments yang di alter, begitu... jadi dia merasa rugi kali ya... dan aku yang disalahin? loh kok bisa? Mungkin dia lagi kesussahan uang (*positive thinking*). La wong salah dia sendiri lupa ngambil tu receipt. aku mempertahankan diri dong... masa dia jawab, karena aku nggak ngingatin kalo garment itu urgent untuk dialter, jadi dia buru2 karena pihak d-j udah telpon... gubrak... sebel banget dan semua orang juga ikut2an sewot karena bos-ku ceriwisssss............. yo weeesss......

minggu ketiga dan keempat, aku udah berfikir mau keluar aja. Tapi, gak tau ya.... selagi aku berfikir mau keluar, kok mereka sekarang kalo negur aku dengan pelan2 dan bilang: "I say this not because you make a mistake, dont think that...bla...bla... relax while you're working here, you're good...don't worry, this is just about time". I answered: yes, I always do my best, Lilian, trust me, thanks. emm....jadi mikir nih.... keluar ga ya??

aku bilang: enggak ah... aku bertahan aja. aku belajar banyak hal di sini, seperti:

1. Listening&speaking comprehension. Aku yang mengurusi customers yang datang dan pergi gak pernah berhenti (lariiiisss......bgt), dan mostly, aussie... ada yang aksennya jelas ada yang berdengau... banyak banget kejadian lucu atau memalukan sewaktu berinteraksi dengan customers....dan aku berani bilang kalo di sini aku juga belajar:

2. Friendly (meskipun hati lagi be-te), dan punya banyak kata2

3. Teliti terhadap detail. Seperti, memberi harga pada alteration, ngetik customer detail, menandai graments, mengurutkan garments berdasarkan order kerja, mencari garment yang mau diambil ama customer, dll. bayangkan aja kalo salah pasang docket pada garments?

4. Time management, ga perlu dijelasin deh... ini sudah jelas a must buatku. Aku juga punya assignments, quizes dan exams seperti temen2 yang lain, dan yang pasti aku punya thesis untuk diselesaikan serta experiment untuk segera dimulai. Mulai sekarang, setelah kuliah, aku harus langsung mereview hasil kuliah dan langsung nyiapin untuk kuliah berikutnya, waktu menjadi sangat berharga, semua mesti diatur, termasuk berapa jam aku blogging, masak, nyuci, belanja, jalan2 dan tentunya... melayani suami... weks...apaan seehh.... aku merasa bersalah banget kalo gak nepatin waktuku sendiri, dan akibatnya adalah insomnia... untungnya aku gemuk... lumayan buat ngurusin badan, hehe.... wong edan...

5. belajar leadership skill dari bosku -- di sini aku ga bilang kalo dia perfect, afaik pendekatan dia kurang bagus menurut aku seorang yang suka berpikir personally (perasa), tapi anyway dia mampu bersaing dengan bisnis lokal loh...

6. banyak hal yang tidak bisa diungkap dengan kata-kata. ini adalah bagian dari kehidupan, seperti pendulum yang selalu mencari titik equilibrum

Tidak ada yang istimewa. Mengingat dengan yang aku bisa pelajari di sini, gaji yang tidak seberapa bukan menjadi hal yang memalukan buatku. Kalo diakumulasikan, nilainya hampir sebanding dengan uncompannied-stipend-nya ads, bagiku sudah cukup banget untuk beli buku, sudah cukup banget juga untuk beli kopi di library lawn ato quad-lawn, menemaniku kembali bekerja dengan thesis, duniaku yang sesungguhnya, horeeee..... hehe....

Glossary:

sak deg sak nyeg: seketika, directly; TFN: tax File Number; La wong: karena kenyataannya

dedicated to Mas Andi, atas tips-trik yang disharing ke saya, juga Mbak Hilda, atas alamat job-seeker agen untuk suamiku, it works.

3 comments:

cikubembem said...

weits.. suamimu akhirnya ke oz juga to? baguslah... part time juga kan skr?

Endah Retnowati said...

mana kuat pisah2an kek mbak and, hehe.. lagian ga ada alasan yang memberatkan dia ga ikut ke oz seh... syukur alhamdulillah dia langsung dapat kerja full time, tp bosnya orang Indo, katanya tiap hari ngomong Indo malah boso Jowo, bisa2 2 tahun di sini pulang ke Indo bhs inggrisnya tetep grutal gratul, udah coba nglamar di broens company di bag dies tp blm ada kabar :(

Irfan said...

waaaa beruntung banget km mbak endah... alhamdulillah...

aku aja blm lama ini lo bisa nambah uang saku, itupun dikiiiit bgt.

doakan ya mbak, smg bisa mengikuti mbak endah dapet part time :D