15 November 2006

Tidur

Aku sebetulnya suka tidur. Kalo tidur cepet, gampang dan betah banged. Sejak kecil aku terbiasa tidur siang dan malamnya tidur dari jam 9, paling lama jam 10. Sewaktu SMA, aku mulai tidur sampe tengah malam, tapi ah... cuma sampe jam 11 malam. Jaman kuliah pun aku masih suka tidur siang, barang cuma 2 jam, hehehe... secara aku ini gak bisa tidur cuma 1 jam. Tidur sebentar malah bikin kepala pening, mending ga tidur sekalian. :D

Sejak aku kerja, aku gak terbiasa tidur siang lagi. Tapi selalu mengusahakan tidur sebelum jam 10 malam. Tapi kalo hari libur, aku bisa tidur siang sampe 4 jam dan setelah bangun shubuh masih tidur lagi 2 jam. Paling tidak, tubuhku membutuhkan tidur sekitar 10 - 12 jam. Tidak aneh jika badanku bulet dan semok ya... hehehe...

Dulu aku suka ditegur kalo susah dibangunin atau suka tidur asal naruh badan. Juga ditegur kalo tidurnya kebanyakan. Gak sehat dan sebagainya. kapan belajarnya? Katanya juga, gimana nanti kalo punya suami dan anak? masak ditinggal tidur melulu! Hah... untungnya suamiku juga tukang tidur. Kalo weekend, setelah sholat shubuh kita bisa tidur lagi dan baru bangun jam 11 siang. Mandi dan makan. Nonton TV atau sekedar ngobrol selanjutnya tidur siang. Sore kita bangun, jalan-jalan ke luar sebentar... pulang, nonton atau nge-game dan tidur lagi. Atau, pagi jalan-jalan dulu, terus siang tidur dan seterusnya. Intinya, kita sama-sama tukang tidur. Klop deh! Tapi ini hanya terjadi di Australia, sejak kita punya unit sendiri. Gak punya tetangga apalagi sodara yang usil "ngomongin" di belakang. Dulu kita masih di Indo sering banget diomongin pemalas dan sebagainya. Tapi ah... dasar udah bawaan dari kecil, tubuh ini gak bisa kompromi kalo gak dimanjain di tempat tidur. Bagiku sih gak masalah dibilang pemalas karena banyak tidur, yang penting kerjaan beres kan. Dari pada gak tidur tapi kerjaan gak beres? Nah!

Cerita tentang di Australia lagi, selama hari kerja (weekdays). Kuliah kan by research, gak ada lab dan gak ada jam ngantor yang baku. Terserah, asalkan ada progression alias literature review jalan terus. Ikut kuliah juga cuma seminggu dua kali dan selalu sore hari. Pola tidurku, gila! Malam, suamiku selalu tidur lebih awal (jam 9) karena kerja pagi sampe sore. Mana tahan lihat orang tidur, aku biasanya ikut tidur. Tengah malam biasanya bangun kemudian hidup dengan komputer, atau tidur lagi kalo gak ada kerjaan. Jam 3 pagi mulai tidur, shubuh bangun nemeni suami siap-siap kerja dan setelah suami berangkat kerja aku tidur lagi sampe paling enggak kam 9 pagi. Sehingga kam 10 pagi aku baru mulai kerja, bener-bener kerja sampe sore kam 5 atau kadang jam 9 malam (pulang langsung tidur :)).

Sejak bulan puasa kemarin, aku mulai susah tidur. Seingatku, aku hanya 4 kali saja melewati malam Ramadhan dengan tidur, selebihnya aku gak pernah tidur malam. Aku selalu tidur setelah shubuh sampe jam 9 pagi saja. Akhir-akhir ini juga. Aku lebih sering tidur pagi selama weekdays. Tapi selama weekend, pola tidur tetep sama, molor teruuss... karena aku ma suami sama-sama di rumah gak kerja.

Aku cerita ke temanku, kenapa sekarang aku aneh. Gak suka tidur malam meskipun udah menguap-nguap, hanya tidur pagi saja dengan kepaksa sebagai bayaran belum tidur malam. Kata temenku aku stress. Aku pikir-pikir, aku tertekan oleh apa? Dari dulu kecemasan dalam hidupku ya itu-itu saja dan aku menjalaninya dengan cara yang tidak beda-beda banget. Beban hidupku selalu ada dan yah... aku begitu menyadarinya sebagai bagian hidup. Dan tidak merasakannya sebagai tekanan. Aku begitu menikmatinya. Mungkin tuntutan kerjaan, kata dia. Malah aku baru saja menyelesaikan literature review dan supervisor ngasih pujian ke kerjaanku, meskipun aku mempresentasikannya dengan beberapa kali (dan akhirnya masih gagal juga) melafalkan "heterogenously", It was funny, hiks! Yang penting kan bahasannya, anyways.

Kembali ke soal tidur. Aku menyadari berkurangnya jam tidur dan berubahnya pola tidur ini sejak musim dingin. Salah satu antisipasinya, aku nglamar kerja jadi nightfiller di jaringan supermarket terbesar di australia. Diterima boo... Bener-bener rencana gila! Aku sudah menjalaninya sejak seminggu yang lalu. Daripada malam hari nglakuin hidup yang gitu-gitu aja, aku pikir gak papa lah kerja malam. Suamiku bilang oke, asalkan jaga kesehatan. hehe... Mulai kerja jam 9 malam selesai jam 2 pagi. Untung, sekarang ini hidup di sydney. aman terkendali meskipun (keywordsnya) cewek, malam, berkerudung, sendiri, public buses.

Dari bekerja ini aku berharap aku capek dan pengen tidur. Tapi, tidur pagi pun masih aku paksa sebagai peringatan aku belum tidur dan aku harus tidur untuk kesehatan. Sudah dikelonin ama suami, masih aja susah tidur. Tidur siang apalagi, sudah gak jaman bagiku. Karena satu alasan tertentu, seharusnya sekarang ini aku harus banyak tidur seperti dulu, seperti yang biasa tubuhku minta. Karena ya seperti itulah tubuhku, minta banyak tidur. Namun, rasanya aku ingin selalu hidup. Apakah ini balasan aku dulu tidurnya lama? Apa salah dulu aku tidurnya lama? Apa ada yang nyumpahin aku ya? hiks.... atau mungkin gak sih perubahan hormon mempengaruhi pola tidur? Tapi hormon apa dulu tuh? atau kenapa ya... Kurang olah raga? masa sih! dari dulu aku gak pernah olah raga rutin kok. kenapa ya..... please... aku pengen tidur dalam kenikmatan. Ngorok dan pulas.

3 comments:

Irfan said...

Tidak terima... :(

Jaringan supermarket terbesar di Australia kan Woolworths.. moso Coles to?? :(

Wah kompetitor kiy, skrg kita saingan e, mbak... Eh, tapi knp tempatku nggaji aku lbh rendah dibandingkan tempatmu ya?? Duh...

Endah Retnowati said...

Coles Broadway skrg jadi yg terbesar, katanya tahun kemarin the highest income. Ttg bayaran, aku sendiri kaget tuh, dilarang iri ya.. hahaha...

Anonymous said...

Wah mbak Endah kerja diColes Broadway? Deket dong dengan flatku cuman sekitar 300 meter-an lah jalan kaki. kalo takut kemalaman banget pulangnya, gak papa singgah aja ketempatku, ntar paginya baru pulang. Eh mas dedi kan juga nightfiller disana, pernah ketemu?