02 February 2008

Makan Halal di UNSW

Dua hari ini aku mendapatkan pertanyaan yg sama dari teman-teman yang baru datang dari Indonesia, yaitu tentang tempat makan halal. Jadi pengen nulis, meskipun sedikit merasa bersalah karena meninggalkan thesis sejenak di saat Ahnaf tidur lelap.

Makan halal di negara yang mayoritas bukan muslim bukanlah hal yang dapat diperoleh di sembarang tempat. Australia tidaklah seperti Indonesia yang mudah mendapatkan warung halal. Mau makan halal di sini (Australia) harus punya perencanaan, penyelidikan dan keberanian. Berencana mau makan jam berapa dan di mana, menyelidiki apakah ada makanan halal yg bisa dibeli atau perlu bawa home-made-food dan berani bertanya ke restoran yg dituju jika memang harus beli. Paling aman sih, bawa makanan sendiri.

Sekedar informasi, ada beberapa restoran halal di sekitar UNSW yang aku tau. Di UNSW sendiri ada kantin di dekat library ada satu halal foodcourt yg jualan Kebab, Pide, Pizza, fish&chip, salad, dll. Di sebelahnya ada sih vegetarian food, kalo vegetarian bearti semua bahannya, termasuk persevative/emulsifier nya diturunkan dari tanaman kan? bearti masuk kategori aman. Ada Indian food, yg jualan bilang sih halal food, tp sayang ga punya sertifikat halal. Sampe segitu perlukah sertifikat halal? mungkin iya loh... karena halal itu gak cuma dagingnya diperoleh dengan tata cara halal, tp juga cara memasaknya menggunakan bumbu halal, benar kan?

Keluar dari UNSW, ke Kingsford dulu. Yang pasti halal cuma satu, restoran Nasi Goreng. Yang dijual ga cuma nasi goreng, macem-macem menu ada, es cendol juga ada... Di Kingsford ini, restoran Indonesia ada banyak, tapi catat ya... tidak semua orang Indonesia di sini yang muslim, dan kalo mau jeli memperhatikan, restoran tsb memasang tanda salib, patung budha atau tanda keagamaan lain selain islam, jelas kan bukan pengikut makanan halal. Mungkin bisa sih makan gado-gado atau empek-empek. Sekedar minum es teler atau es kelapa muda untuk menemani teman yang makan di restoran yg tidak berlabel halal kan juga sudah lumayan mengisi perut, menyegarkan pikiran dan tetap etis.


Di White Lotus atau Randwick Oriental Kingsford ada packed food yg halal, ditulis di atas kontenernya. Nanya sama koh White Lotus deh, pasti dikasih tau makanna mana yg dijual halal. Baik kohnya ini.

Ke Kensington, ada restoran Pondok Buyung. Tersedia makanan padang. Ada daun ketela dan sambel ijo lumayan mirip Padang asli. Di seberangnya ada TJ Muamalah Butcher, jualan daging (mentah) halal. Juga ada pies daging yg halal. Kalo naik bis dari UNSW ancer2nya turun depan kantor pos.

Ke Randwick Junction, ada restoran Thailand, Taste of Thai. Rasanya kalo menurutku ga terlalu authentic thailand sih, moderate lah... ga bikin mules, hehe... Halal dan cukup ramai. Dari UNSW naik bis 400/410 turun depan Commonwealth Bank, terus nyebrang. Seingatku di pojokan terusannya Commonwealth bank ini ada restoran India halal, temenku yg pernah nyoba ke sana sih... katanya rasanya neg. Aku blm pernah nyoba, takut perut mules, hehe...

Ke Maroubra Junction, ada Red Lea di dalam Pacific Square depan Coles. Dari UNSW naik 393/4/5/6/7/9 atau 400/410 Red Lea jual fresh chicken halal. Juga ada fast food nya yg halal. Red Lea di Eastgardens shopping centre juga halal. Utk ke Eastgardens dari UNSW bisa naik 391/2 atau 400/410.

Butcher halal selain di Kensington, juga ada India punya (lbh murah tp agak jorok tempat penyajiannya) di Eastlake shopping centre (naik 302/303 dari Day ave sebrangnya UNSW) dan di Bunnerong road depan lapangan setelah PCYC - 10minutes walking distance dari roundabout kingsford.

Di sekitar UNSW yang aku tau kayaknya cuma itu deh. Bahan makanan, roti, es krim, dll yg dikemas, bisa baca di kemasan ingredientnya. Kayaknya aku dah pernah nulis ttg kode2 yg harus dihindari deh. Coba cek di sini. Sebetulnya, yang paling aman dan sehat, di saat harus makan di luar rumah adalah makan buah. Ya kan... :D

1 comment:

Nisful Laila said...

Assalamualaikum mbak...
td lagi nyari resep kue lapis, eh jumpa blognya mbak...thanks ya
btw, baca ttg makanan halal di unsw jadi inget 3 tahun lalu wkt msh student disana...duuuhhh jadi kangen sydney...
waktu itu sebel banget, kalau mau makan halal aja kok mesti jalan jauh, naik bis dst... ehhh ternyata, harus disyukuri mbak....dinikmati apa yg ada..
sekarang saya lagi terdampar di Hiroshima daigaku, Japan...wahhhh nyaris gak ada makanan halal !! cuman sushi aja yg bisa dimakan... mknya jd inget sydney...sepotong surga di luar negeri bg pecinta makanan indonesia....
btw, es teler 77 yg didepan kampus, anzac parade, udah tutup kah? pemiliknya non muslim, tp ada sertifikat halalnya..
ok deh sukses selalu..
wassalam
Nisful Laila Usman