15 August 2006

Dunia Nyata Dunia Maya

.
Dunia maya berbasis internet semakin difasilitasi oleh jaringan penghubung dengan tetangga, teman atau siapa saja; ketika manusia di dunia nyata semakin tertutup dengan manusia lain, meskipun tetannga sebelah. Fasilitas itu juga dilengkapi dengan layar yang menampilkan luapan ide atau percakapan batin antar manusia, dalam tulisan, suara atau gambar. Aliran informasi di sini luar biasa derasnya.
.
Salah satunya adalah Vox. Yang lainnya? Blog*something (karena ada banyak yang diawali dengan blog), Multiply, Wordpress, ... , Friendster, Hi5, ... , tentu saja para pembaca lebih tahu banyak!
.
Ide pengontrolan lalu lintas manusia di sini sudahlah dinyatakan dalam perangkat-perangkat, seperti anti-spam, anti-virus atau anti-plagiarism. Akan tetapi, sepertinya yang lebih diperlukan lagi adalah kontrol pribadi. Karena, secara yang berperan di dunia maya ini adalah manusia di dunia nyata, maka karakter yang diperankan pun juga sama, karakter manusia. Kontrol pribadi ini mungkin yang akan menahan manusia untuk bersikap adil terhadap manusia yang lain, seperti halnya hubungan manusia yang diharapkan di dunia nyata.
.
Dunia maya memang unik karena meniru dunia nyata. Namun, dunia maya bukanlah dunia lain dari dunia manusia sesungguhnya. Dunia maya juga bagian yang nyata dari dunia ini. Dengan terlibat dalam tulisan ini, Anda dan saya telah masuk dalam dunia maya. Selamat menikmati perjalanan di dunia maya dan jangan kebablasan! :P

2 comments:

Irfan said...

eh, kalo daftar vox harus ada invitation ya? :-( hiks gimana ya caranya dapat invitation??

Endah Retnowati said...

iya.... hehehe...