07 August 2006

Parkir Sepeda

.
Beberapa menit yang lalu, aku parkir sepeda di depan electircal engineering building, lower campus. Aku datangnya udah siang banget dan praktis parkiran sepeda yang cuma berkapasitas 8 sepeda itu sudah penuh, terisi oleh sepeda2 yang hampir sama setiap harinya (dengan posisi yang hampir sama juga, hiks!).
.
Baru aja belok ke parkiran, aku kaget banget ada satu sepeda yang kedua ban-nya enggak ada. Setelah aku cermati, ternyata kunci pengaman sepeda itu cuma mengaitkan batang sedel dengan bayangan tempat parkir sepeda yang telah disediakan. Masuk akal deh kalo si pencuri dengan mudahnya ngambil ban sepeda tersebut. Tapi yang lebih tidak masuk akal lagi, parkiran itu posisinya di main walk, jadi jalan di depan parkiran tersebut rame banget dilalui students. Kalo di tempat yang rame aja sepeda bisa dicuri atau dengan kata lain nyuri sepeda di tempat rame itu gampang, apalagi di tempat yang sepi, kayak parkiran di upper campus. Sedemikian tidak perduli-nya-kah orang2 yang lewat parkiran yang pasti terlihat olehnya yang lewat situ? Terlalu pinterkah si pencuri sehingga bisa bongkar dua ban sepeda tanpa ada yang curiga?
.
Belajar dari kejadian ini, kayaknya aku gak boleh males ngunci sepeda dengan mengaitkan kabel pengunci dari ban depan, diuntir di batang sedel, dikaitkan dengan ban belakang, dimasukkan ke lubang helm dan pastinya juga dikaitkan dengan tiang besi, entah standar di parkiran, pager ataupun tiang. Repot sih dan emang sepedaku ini gratis dari temen. Namun, semenjak sepeda ini sering ngantar aku ke mana2 (dari pada jalan kaki), rasanya sayang banget deh kalo diambil pencuri. Dari pada diambil sama pencuri kan mending entar dikasihkan ke temen atau dijual kan dapat uang, lumayan dong... siapa sih yang gak mau uang ekstra!
.
Namun sepertinya cara penguncian tersebut belum seratus persen aman, karena bisa aja to si pencuri ngambil lampu sepeda, sedel, setang atau bahkan rantainya saja!! Duh... piye iki?
.
Say something when you see something please....

3 comments:

cikubembem said...

yg suka nyuri sepeda siapa? kl disini sih... foreigner (katanya) hehehe

eh ndah.. mbok comment systemnya jangan pake blogger. haloscan atau apa gitu gih.

Anonymous said...

setau ak, yang punya sengaja nyopot bannya biar yang suka nyuri jadi gak mood lagi. Liat sepeda tanpa ban pasti langsung males, ya to? Banyak kok disini yg kayak gt.
(amick neh)

Irfan said...

laporan terbaru:
sepeda tanpa ban kesayanganmu masih tetep tergeletak di school ku :p

ada dua kemungkinan:ban sepeda itu bener2 dicuri, atau pemilik nya suatu hari ke kampus dgn sepeda itu terus males pulang dgn sepeda (kadang aku gitu juga). tapi kenapa lama bgt ya??

soal sepeda dicuri, kejadiannya biasanya malam, Ndah. Saat itu hampir ga ada orang di kampus. Handel sepeda ku dulu dicuri ketika sepeda kutinggal nginep 2 mlm di kampus. Sepeda pertama ku dulu hilang di square house malam hari. Sepeda ku yg kedua hilang di rumah kira2 malam hari juga, saat orang2 tidur.