02 August 2006

Lagi Apes

.
Beberapa kali aku apes di tempat kerja. Beberapa hari weekend itu kita sibuk banget kebanjiran konsumen, dan payahnya lagi mereka kebanyakan weekday people, sehingga minta sameday service dg alasan kalo order selesai di weekday, mereka gak punya waktu untuk ngambil atau ada juga yg alasannya keburu mau dipake di kondangan. Halah! Lebih payahnya lagi, bosku ngasih mereka a few hours service meskipun kita sibuk, dengan alasan menghargai konsumen! Iya sih, tapi lihat deh masalah yg muncul....
.
Hari-hari itu kita, si-bos dan aku, berbagi tugas. Dia sebagai fitter, aku yg memasukkan data konsumen ke database. Pakaian yg sudah di-pas diserahkan ke aku untuk dicatat detil konsumen, jam selesai beserta harga permaknya. Setelah docket diserahkan ke konsumen, tembusan docket dipin ke pakaiannya dan seharusnya langsung diurutkan ke hanger di dalam ruang workshop untuk segera ditindaklanjuti oleh penjahit. Karena konsumen sudah ngantri sampe keluar konter, dengan instruksi dari si-bos, pakaian2 yg sudah masuk cuma dimasukkan ke tas diletakkan di belakangku dulu (diatur nanti) untuk menghemat waktu supaya konsumen segera pergi (baca: dilayani). What a terrible idea! Sebagai bawahan yg baik, sudah menjadi peraturan kalo aku cuma harus nurut. Kalo enggak nurut, bisa2 omelan yg lain akan muncrat! Maklumlah, lagi2 cuma bawahan!
.
Masalah yg muncul adalah setelah konter sepi, aku jadi sibuk nge-hanger pakean2 tsb dan harus memastikan jumlah/jenis pakean dan docket dg completely correct. Kerjaan ini ngabis2in waktuku aja. Lebih cepet (dan pasti bener) kalo pakean masuk lgsg dihanger dan pasti lgsg bs diurutkan dg benar! Dan lagi, saat konter sepi seharusnya aku bekerja di dalam workshop untuk ngatur pakean mana yg mesti dikerjakan dan mana yg sudah selesai. Yg ini lebih memakan waktu daripada kerjaan di depan. Akibatnya, aku sering pulang terlambat. Iya sih dapat uang tambahan, tapi capek n nyebelin! Terus mood jd jelek! hiks.. hiks..
.
Yang kedua, dengan alasan sudah kenal dekat sama pelanggan, si-bos tidak mengeluarkan docket utk mereka. Si-bos cuma membawanya masuk ke dalam dan entah gimana dia ngasih instruksi tdk tertulis kepada penjahit. Ini sering terjadi ketika aku sibuk dg konsumen lain atau aku sedang ke ngurus order di konter2 baju lain. Kadang2 dia langsung ngasih order itu ke penjahit (ini bagus) atau cuma dia gantung seenaknya (ini payah!). Lebih payah lagi, seringkali, si bos lupa dimana dia naruh pakean tsb! Ini yg paling sering bikin masalah.
.
Masalahnya muncul ketika pemilik pakean datang. Karena gak ada docket aku gak bs ngelacak dimana/yang mana pakean dia berada sehingga aku nanya ama si-bos ttg konsumen langganannya ini. Payahnya, si-bos malah nanya balik ke aku dimana pakean tsb berada. "Which garment you're talking about?" Huh! Dia ngomel2 sambil idunya muncrat: "You have to bring the garment inside, you must hang it up and put on the right place, directly! you know what is the meaning of must? it is compulsory! and directly! you know, don't wait...bla...bla...bla..." Aku jawab: "What? I always do what I must do. I have no idea about your customer", lalu ngacir nyari2 barang tsb soalnya kalo ngomong2 deket ama si-bos bisa kecipratan idunya. ih... aku pernah dua kali kena cipratan, iiiihh.... jijik tenan!
.
Ah... apalah arti diriku yg cuma buruh dia! Tetep aja dia kekeh aku yg salah. Demi konsumen, aku nyari-nyari dimana pakean itu berada. Dan seringkali aku nemuin orderan itu ngonggok di dalam tas di bawah meja, di bawah gantungan baju, dsb di tempat2 yg unbelieveable! Dan setelah barang itu tak temuin, eh bukannya tengkyu atau minta maaf... dia cuma bilang: oh..yes yes that's the one! Dalam hatiku: cuih!
.
Yang ketiga, berkaitan dengan sameday service. Order yg beberapa jam jadi ini harus diberi cap "urgent" di docketnya dan jam yg tertulis di docket harus benar. Kalo pas aku gak di konter, lagi nglayani konsumen yg lain entah yg ambil atau ngepasin baju, kadang si bos yg entry data ke komputer. Dia seringkali, lupa! peraturan yg dibuat dia sendiri bahwa order sameday service mesti dicap "urgent". Dan malangnya diriku, dia cuma ngonggokin order2 itu seenaknya dan akhirnya aku yg mesti ngurus. Mana aku tahu order urgent atau tidak kalo di docketnya gak ada cap tsb! Dan tentunya aku ngurutin order sesuai perintah di docket. Dari sini muncul masalah, konsumen datang dan order belum selesai! Bahkan masih nyari2 dulu dimana barangnya. Duh biyung....
.
Masalah yg lain berkaitan dengan sameday service, misalkan dijanjikan 2jam jadi, pakean yg tadinya kelihatan mudah ternyata susah dipermak sehingga butuh waktu lebih lama, kadang2 penjahit salah jahit sehingga bongkar ulang lagi dan terjadi juga penjahit lupa ngerjain barang urgent itu, eh malah ngerjain yg lainnya!!! Order belum selesai gak cuma terjadi di barang sameday service. Ada juga pakean yg dijanjikan beberapa hari juga belum jadi. Bukan salah penjahitnya sih... Hampir semua hasil kerjaan mereka bener2 perfect. Tapi, jumlah penjahit dan order tdk seimbang. Selain itu, interupsi dari orderan urgent jg bikin delay orderan hari-hari sebelumnya. Duh, si bos emang gak rasional banget deh! Dia tuh gak bisa (baca: mau) nolak order datang meskipun di dalam para penjahit sudah overwhelmed! Malah kalo aku nolak order sameday service, aku yg diomelin. Katanya, enggak apa2 bisa kita atur, kita harus menghargai konsumen sudah datang..bla..bla..bla.. idunya muncrat lagi deh!
.
Masalah berikutnya berkaitan dg order yg belum jadi. Sudah jadi tugasku melayani konsumen, dan dasar aku orang jujur, aku bilang apa adanya kalo pakean belum selesai kira-kira masih setengah jam lagi baru selesai dan semacamnya. Sebelnya kalo si bos ngasih aku instruksi, tolong bilang ke konsumen kalo pakean dia selesai 5 menit lagi (padahal pakeannya baru dicari dimana tempatnya) atau pakean dia baru disetrika beberapa menit lagi jadi (padahal baru mulai dipotong) atau bilang kalo bajunya dikerjain si-bos di rumah dan lupa dibawa ke konter (padahal emang belum dikerjain) dan sebagainya. FYI, si bos terkenal jahitannya bagus n profesional (lebih dari 20 tahun pengalaman njahit prof), jadi konsumen yg tahu mesti seneng kalo yg ngerjain si-bos sendiri; tapi bagiku, huh..!! Lanjut lagi, aku beruntung kalo kemudian konsumennya ramah terus tak ajak ngobrol (sambil relax) atau dia malah pamitan mau pergi belanja dulu dan balik sekitar dua jam lagi. Fyuh...
.
Tapi, kadang2 konsumen sampe balik lagi order dia belum selesai! Atau kalo pas lagi apes, si konsumen buru2 karena waktu parkir dia udah habis atau apa lah alasan buru2, mereka terus marah2 ke aku... gimana sih kok belum jadi?? kamu janjinya ini dan itu.... Mesti ngomong apalagi coba kalo konsumen udah kek gini. Enggak cuma konsumen perorangan, konsumen toko2 baju jg. kadang2 aku disuruh bilang maaf bajunya salah kirim ke toko yg lain, padahal barangnya belum dikerjain ama dia, dsb. Dalam hatiku, huh huh huh.... ini ulah si bos bikin masalah terus!!!!
.
Para penjahit tahu kalo aku sering 'kres' ama si bos. Yg kena idu muncrat gak cuma aku aja soalnya, para penjahit juga sering dimarahin kalo ada order belum jadi atau salah model. Para penjahit pernah nanya ke aku, kok enggak kerja fulltime aja biar tiap hari di sini supaya si-bos enggak ce-ce-cue ribut bikin sakit kepala enggak konsen njahit. Katanya kalo enggak ada aku, enggak ada yg mbantuin si bos di konter depan atau ngatur order, jadi sering banget dia ribut gak karuan ngomel sana sini. Apalagi kalo ada pakean yg nyelip alias si bos lupa naruhnya dimana. Hah? kerja fulltime? aku aja kepikiran mau keluar! Rasain deh kalo aku keluar, kamu bakal merasa kehilangan seorang pekerja yg rajin, cekatan, nemuin barang2 yg hilang dan yg penting lagi PENURUT habis!!!! Aku smpahin enggak dpt ganti pekerja kek aku!!!! (hiks... cuma dibatin aja sih! dasar chicken!!).
.
Administrasi di tempat kerjaku ini kacau banget. Awalnya aku idealis mau ngrapiin dikit2. Tapi udah 5 bulan berjalan, administrasinya enggak banyak berubah. Paling aku cuma bisa meminimalkan konsumen marah2 di konter karena pakean mereka belum selesai. Bukan cuma administrasi yg enggak rapi, tp jg karena aku kadangkala (eh sering ding..!) disuruh bohong ke konsumen. Meskipun cuma bohong 5 menit menjadi 1 menit atau bohong kalo si bos enggak masuk kerja. Selanjutnya, aku juga enggak bisa berpendapat ke si bos ttg administrasi, apalagi ttg perbuatan dia salah tapi menyalahkan orang lain (orang lain ini siapa ya? :)). Kadang egoku muncul, aku ini sarjana, cum laude, dosen, dan sebagainya. Aku gak goblog2 amat lah! Seenaknya aja nyalah2hin aku. Mentang2 udah punya usaha sendiri. Emang udah hebat gitu! huh! hehehe....
.
Hayooo.... siapa yg mau nggantiin posisiku? Bayarannya lumayan loh dibanding kerjaan casual lainnya.... :)

3 comments:

Irfan said...

aslkm, duh lama bgt ga update dgn info terbaru blog ini.. sangat menarik :) Mbak Endah, aku memandang kalian tu beruntung banget lho.. mbok aku didoakan bisa seberuntung mbak Endah juga ;)

Endah Retnowati said...

amin.

Edi Sutarya said...

Assalamu'alaikum,

Salam kenal sebelumnya,

Menurut saya kalau memang anda punya kompetensi, kenapa tidak keluar saja ?
Dari pada makan ati.... (Nanti minumnya teh botol....)
Tapi yang namanya atasan pasti akan menganggap idenya yang paling benar atau apalah.

I'm live in Cikarang, Kawasan industri Jababeka.

Sama saya juga sering mengalami kasus seperti anda.