22 September 2006

Resep Gagal

.

Photobucket - Video and Image Hosting

.
Gambar di atas bukan bolu isi coklat atau lapis surabaya, tapi roti goreng tidak sengaja. ^_^ Tadinya aku mau buat martabak manis (pancake) isi coklat. Dulu pernah dikasih tau takaran bahan-bahan untuk membuat si martabak manis itu tapi catatan resepnya gak aku file. Dengan pe-de, aku nekat asal cemplung-cemplung bahan aja tanpa takaran yang benar.
.
Seingatku, resepnya 2 butir telur dan 4 sdm gula pasir dikocok sampe sedikit mengembang. Setelah itu harusnya dimasukkan tepung+ragi cair+mentega cair. Kalo pake self-raising flour, gak pake ragi gak papa. Setelah diaduk, didiamkan kira-kira 1 jam.
.
kenyataannya, baru beberapa menit adonanku menjadi kental banget, hampir kek adonan bolu. Tanda-tanda resep gagal udah kelihatan nih... Pikirku mungkin kebanyakan tepung (aku masukin 1 gelas penuh) dan udara cukup hangat untuk mengembangkan ragi. Ya sudah, buru-buru kusiapkan wajan terus semua adonan didadar dan ditutup. Seingatku, coklat ditaburkan kalo udah kelihatan bolong-bolong di permukaan dadar. Tapi yang terjadi, dadarku enggak bolong2 dan naik sampe 3 cm. Selain itu dia juga kaku. Aku paksain melipat jadi dua dan bener dugaanku, pecah...!! hiks...hiks...
.
Setelah matang dan dicoba, rasanya kek roti goreng! Mungkin kalo adonannya dikasih ovelet atau semacamnya teksturnya bisa lebih lembut. sayang... yang terjadi sudah terjadi. Untung langganan masakanku apa aja doyan. Meskipun pesannya martabak manis tapi yang disajikan roti goreng tidak sengaja, yah....habis juga dilahap. Cuma si pelanggan komentar "kalo belum jadi iron chef, jangan kepedean masak dong!" iya...iya...

3 comments:

cikubembem said...

kl protes mulu suruh masak ndiri aja ndah hehehe

Endah Retnowati said...

suruh beli aja mbak, win-win solution. kalo dia yg masak, pasti aku gak doyan :(

Irfan said...

hauhahahaa, untung mas lilik gelem opo wae yo haha :p