26 September 2006

Mereka Bicara Blog, Aku juga...

.
Senyumku terkembang, kemarin waktu aku membaca blog-blog itu. heh..hehe... Mereka berbicara fenomena web-blog di Indonesia. Suatu saat di masa silam (cieh... purba kaliii!!), maksudnya udah lama banged, pernah ada sebuah blog yang sudah memposting tentang menjamurnya kegiatan blogging di Indo. Sayang aku gak bookmark/subscribe blognya. Bedanya, yang bicara sekarang ini sudah orang-orang terkenal, baik di arena blogging (dilihat dari rate pengunjung) dan juga di panggung bicara yang sesungguhnya. Salah duanya adalah: Perspectif dan Priyadi's place.

Sampe segitunya ya...! Sensasional. Sebetulnya aku sudah pernah menulisnya di sini. Tapi, pembicaraan mereka membuatku pengen nulis lagi tentang fenomena dunia maya ini.

Media virtual ini memang dinamis, keren abis. Semua orang, meskipun hanya mempunyai kemampuan dasar komputer, asalkan terhubung dengan internet akan dengan mudah mendapatkan kebebasan berekspresi di media blog ini. Selain itu, adanya perkumpulan blog, workshop, kopdar, milis, lomba dan sebagainya tentu saja memberikan tambahan ide dan tempat untuk sharing informasi. Tidak terbayangkan derasnya putaran informasi. Dunia ini serasa makin cepat saja berputarnya. Kalo enggak terkontrol bisa dezing-dezing nih... :)

Sekali lagi, meskipun blog hidup di dunia maya, hubungan antarbloggernya tetap seperti hubungan antarmanusia di dunia nyata. Meninggalkan komentar di sebuah blog atau hanya sekedar shout satu kata: hai! seperti sudah kenal akrab, padahal ketemu aja blm pernah. Apalagi jika blogger yang dikunjungi kemudian mengunjungi blog kita dan memberikan komentar balik. Saya percaya, hubungan singkat ini ada yang diteruskan sampe berkirim e-mail, chatting dan ada yg menikah juga loh... Wow! Kegiatan virtual ini melahirkan identitas baru bagi para konsumennya: Blogger.

Hati-hati kalo mau iseng-iseng blogwalking. Blogwalking hari gini gak cukup bawa jam aja, mesti pake stopwatch. Bejibun tulisan-tulisan bermutu, desain blog keren habis dan komentar-komentar menggelitik. Wah, bikin lupa waktu. Lompat dari satu blog ke blog lain. Apalagi jika kemudian terdampar di blog teman lama. Wuih.... jadi nostalgia. Hehehe.... Subscribe URL keknya juga mesti difilter nih. Wah kalo gitu yang gak mutu semakin terpinggirkan dong? yah barangkali iya... tapi, bagi aku punya blog sepi pengunjung gak masalah. Secara aku nulis blog hanya untuk pemuasan pribadi saja. Sudah menuangkan uneg-uneg, dipublish dan dibaca-baca sendiri rasanya sudah marem. Hehe... kalo butuh komentar, aku cukup maksa suami untuk kasih komentar terus ditanggepin sendiri. Sudah ada dua komentar sudah cukup lah.... Hehehe.....

Indonesia kaya potensi SDA. Sudah diomongkan banyak orang (paling enggak di milis) kalo orang Indo suka niru-niru, ikut-ikutan alias mbuntut. Nah, salah satunya ikut-ikutan ngeblog. Biarin cuma ikut-ikutan, kegiatan blogging menjadikan blogger menyentuh internet dan berinteraksi dengan informasi. Semakin melek informasi, semakin pikiran terbuka. Semakin ramai pengguna internet, semakin memberikan peluang kerja bagi orang-orang di belakang internet, seperti para web desaigner, advertiser, programmer, jurnalis, peneliti, dan sebagainya. Wuih! Semakin banyak orang pinter di Indo. Indo punya kekuatan yang solid yang berkembang dari kegiatan kecil ini, ngeblog. Dan, aku yakin para blogger sebagian besar adalah anak-anak muda. Bukankah ini baik? Hmm... mungkin ini yang membuat aku tersenyum kemarin dan saat menulis ini. Semoga akan segera datang kabar baik dari negriku.

5 comments:

Anonymous said...

Disentil begitu jadi pingin kasih komentar nich. Sebenarnya di dunia blog itu ada hukum aksi-reaksi : kirim comment dibalas comment, kirim shout dibalas shout. Namun, kunjungan belum tentu berbalas dengan dikunjungi, lha wong yang dikunjungi nggak tahu.
Dengan adanya blog setidaknya mendorong orang untuk mau menulis. Walaupun awalnya cuma tulisan ndak mutu kayak punya saya ... hihihi ... tapi itu merupakan awal yang patut diacungi jempol.
Btw, met puasa. Mohon maaf lahir bathin.

Endah Retnowati said...

setuju hukum aksi-reaksi!

"Namun, kunjungan belum tentu berbalas dengan dikunjungi, lha wong yang dikunjungi nggak tahu."

ketahuan atau gak kan yo tetep kunjung-mengunjungi atau aksi-reaksi to...

met puasa juga... semoga mendapatkan barokah. amin.

Anang said...

selamat berpuasa deh...

Endah Retnowati said...

selamat berpuasa juga deh...

Anonymous said...

mba Endah, salam kenal ya...saya lia yg lagi ambil master Spatial Science di RuG, Groningen NL. blog nya bagus juga. btw, ajari daku mba :)