12 July 2006

Tagihan Tagihan

.

Irama kehidupan yang rada-rada slow akhir-akhir ini seiring dengan hembusan hawa dingin winter di sydney tiba-tiba dihenyakkan dengan kiriman surat dari Energy Austrlia Company (PLN-nya Aussie). Waaaaa...... tagihan listrik $309.75?? hiks..hiks..hiks..

Di Aussie pada umumnya rekening listrik ditagih perkuartal. Harga per-kWh-nya bervariasi dari 10.5794c untuk pemakaian sebanyak 1750 kWh yang pertama. Pemberitahuan pembayaran biasanya 2 minggu sebelum batas akhir pembayaran. Selain itu, untuk penyambungan listrik pertama kali pelanggan diminta membayar security deposit sebanyak $200. Deposit ini bisa diabaikan kalau pelanggan akan membayar tagihan dengan direct debit.

Rasa-rasanya suami dan aku memakai listrik wajar-wajar saja dan menerapkan tips hemat listrik, tapi tetep kebobolan juga ternyata :). Kita memperkirakan pemakaian listrik selama winter cuma naik 25% perhari saja karena kita make heater paling juga kalo malam aja sekitar 1-3 jam sebelum tidur dan sekitar 1 jam kalo pagi, siang aku ke kampus dan suami kerja. Ternyata rata-rata pemakaian listrik perhari kita naik hampir 50%. Dari $2.28 perhari menjadi $3.37 perhari. Hiks..hiks..hiks...
.
Belum lagi bayar tagihan telepon yang abodemennya aja $26an perbulan. Kalo dihitung, kira-kira total pengeluaran untuk akomodasi kita (2 orang) terdiri dari flat rent+listrik+telepon+internet adalah $225 (summer) - $235 (winter) perminggu. Ini baru akomodasi saja, belum belanja ini dan itu, pergi kesana dan kesini. Hmm... ini mahal gak ya kalo dibandingin ama temen2 lainnya?
.
NB. AU$1.00=Rp 6750,00 per 12 Juli 2006.

5 comments:

Anonymous said...

heater tuh mah yg bikin bengkak. kalo mandi air panas juga jgn lama2 selain boros listrik, kulit jg jd kering kan.

Anonymous said...

tagihan untuk internetnya berapa, mbak? kok nggak dicantumin? apa memang sudah masuk dalam tagihan telepon, ya? terus, tagihan tv kabelnya mana?

Endah Retnowati said...

oh kalo internet aku pake cara yg dial up, satu kali dial cuma 20cent selama-lamanya atau sampe drop aja. terus vouchernya biasanya aku beli yg $9 unlimited hour selama 25hari.

jadi segitu itu aja! :)

cikubembem said...

walah... km jauh2 sampe OZ cuma mau pake dial up :D ... ADSL donk ah.

cara berpikir yg salah adalah.. dengan mengkonversi ke rupiah :) ... jadi data support tambahan berupa kurs AUD ke IDR tu bener2 ga berguna. dulu ak jg awal2 tu kl ada pengeluaran macem2, selalu diotak tu yg langsung automatically convert ke rupiah. trus ak dimarahin ama senior :D ... katanya sih, kl otak kita masih automatically berusaha mengconversi ke IDR.. ntar lama2 jadi ga bisa makan. kekeke

jadi.. ak suka kl ada orang indonesia yg baru datang ke jepang, trus ak temenin beli ini itu :D .. coz dia pasti trus automatically convert ke IDR. hahaha.. jadi geli aja gitu.. nginget2 masa lalu :D

termasuk ak jg geli banget baca postingan km ini :) .. coz itu menandakan km blum bisa adapt ama lingkungan baru km.

FYI aja... ak kl winter rekening listrik naik 2 kali lipat (tahun pertama). nah.. km cuma naek 50% kan? hehehe... coz ak thn pertama msh blum bisa nyesuain ama winter. tp tahun kedua sih naeknya dikit.. paling 50%, coz ak bisa hidup ga pake heater (tp kl tidur sll pake electric blanket)

Endah Retnowati said...

rugi dong pake ADSL kalo cuma buat buka email doang!

kalo aku kritik ke suami, yg skrg jd pengamat kurs dadakan, eh dia malah yg ngomelin aku balik. Katanya, siapa bilang kalo ngitung2 IDR jadi ga bisa makan, lah badan kt aja tambah gemuk! :)