02 July 2006

Bakwan, Reuni & Watsons Bay

.
Di daerah kelahiranku, Jawa Tengah, makanan kecil ini dinamai "bakwan". Denger-denger sih di daerah lain ada yang menyebutnya "badag", tapi ga begitu jelas dengernya sih!
.
Sangat mudah membuatnya. Bahan dasarnya adalah wortel dirajang tipis panjang, kecambah atau kol yg dirajang halus, seledri dirajang kasar dan tepung terigu (pilih yg plain). Bumbu yang dihaluskan adalah bawang putih, merica dan garam. Semua bahan dan bumbu dicampur rata, kemudian ditambahkan air atau telur sampe campur jadi satu, lengket dan kental. Goreng di minyak panas sampe kekuningan. Done!! Hasilnya seperti pada gambar.
.
Sebagai pelengkap kenikmatan, bakwan cocok disandingkan dengan teh, kopi ataupun jus buah. Namun, lebih cocok lagi apabila sambil ngremus cabe rawit atau dicocol ke saus pedas. Heeemmm....Yummy....
.
Pada hari Kamis, 29 Juni 06, telah dinikmati dengan sukses di atas tebing (Gap Bluff) Watsons bay, NSW, bakwan-bakwan yg khusus disajikan utk menyambut temen-temen yg jauh-jauh datang dari Melbourne&Canberra. Dari kiri-kanan/belakang-depan: Iin, Endah, Eka, Amik, Emil, Ana dan Elke.
.
Watsons bay adalah salah satu tempat wisata alam di Sydney, NSW. Untuk menuju ke Watsons bay dari Circular Quay, dapat menggunakan ferries ($2.5 for adult with concession) atau buses ($1.4 with concession). Bagi para wisatawan, mengunjungi Watsons bay menggunakan jasa ferries tentu lebih mengasyikkan karena dapat melihat pemandangan Sydney CBD, Harbour bridge dan opera house dalam satu scene. Meskipun harga tiketnya mahal (kalo dikurs ke Rp :), kemeriahan berfoto, bergaya dan makan bersama adalah kenangan yang membahagiakan.

4 comments:

Anonymous said...

bakwan masakan mama enak gurih seeeeedaaaaappp.....

Anonymous said...

Klo di daerah jatim namanya ote-ote mba'. ote-ote juga sebutan untuk orang yang telanjang dada alias ngga pake baju atasan. Wah seneng yach...punya kesempatan belajar ke LN. Salam kenal

Endah Retnowati said...

jadi ingat onde-onde... habis mirip sih..

:) salam kenal juga.

Anonymous said...

Lho?? itu kita bukan?? Wooo...pengumuman ni yee!! Mana foto2 aku di kameramu?? Katanya mo dikirim. Amick bukan Amik(**ngambek mode on**)