05 October 2006

Binder Gratis

.
Kebutuhanku akan ring binder semakin bertambah dengan semakin bertambahnya literatur yang aku print. Sebenernya bisa sih file-file e-journal/e-book itu disimpen di disk aja, tapi rasanya kok lebih nyaman membaca di hard-file ya... lagian mumpung punya fasilitas nge-DL dan nge-prin gratis sesukanya. :P
.
Biasanya aku menyimpan file jurnal berdasarkan topiknya, sehingga satu binder satu topik. Dalam satu topik pun kadangkala aku bagi lagi menjadi sub topik atau khusus untuk satu penulis yang karyanya udah bejibun. Khusus untuk jurnal, di rakku sudah tertata sekitar 10 binder lebih. Jumlah ini belum ditambah binder untuk buku dan artikel bebas (topiknya campur aduk).
.
Harga satu ring binder di Sydney berkisar antara $2 - $5, bervariasi tergantung banyaknya ring dan bahan covernya. Ini termasuk mahal jika dibandingkan harga makanan, sebagai contoh chicken wing harganya $2 per kilo atau navel orange akhir2 ini harganya $0.99 per kilo. Waktu dulu pertama kali mau beli binder, aku minder juga lihat harganya. Untung waktu itu ketemu Migo, salah seorang temen satu kampus. Dia dapat info -word of mouth- kalo UNSW "ngopeni" barang-barang bekas seperti furniture dan stationery, sumbangan dari mahasiswa atau staf. Syukur alhamdulillah.... ternyata banyak sekali binder, folder, map, staples, dll bekas yang dirawat di tempat ini. Dasar kemaruk, sekali datang biasanya aku milihin yang bagus, sewarna dan kira-kira 5-8 biji. Huh....
.
Gambar salah satu sisi rak berisi ring binder, file dan folder:
Photobucket - Video and Image Hosting
.
Oh ya... gara-gara mau posting tentang binder gratis ini, aku jadi tau bedanya ring binder, folder dan file. Gambar berikut aku ambil dari Oxford advanced dictionary. Perhatikan yang bergaris bawah warna hijau.

Photobucket - Video and Image Hosting

2 comments:

cikubembem said...

km tu lhoooooooooooooooo.
endah banget.
banding-bandingin harga ini dan itu

Endah Retnowati said...

oups... dapat gelar baru nih! :)