08 October 2006

Mencatat Identitas Bacaan

Sangatlah penting membuat catatan identitas buku/artikel/jurnal yang kita baca, lebih-lebih lagi kalau kita akan merujuk pada isi buku tersebut di tulisan kita. Yang perlu dicatat tidak hanya identitas buku saja seperti judul buku, penulis, tahun terbit, penerbit tapi juga dimana bisa mengakses sumber bacaan tersebut, halaman tulisan yang dikutip/diringkas dan catatan kita mengenai tulisan tersebut. Wah...banyak juga ya...! Memang kelihatannya merepotkan dan 'males' tapi setidaknya disiplin dalam mencatat identitas bacaan ini sangat membantu kita dalam membuat tulisan yang bermutu karena didukung banyak referensi.

Dulu aku sering membuat catatan buku ini di sebuah kartu (kertas manila berukuran kartupos). Kadang-kadang dari potongan kertas undangan manten, yang biasanya berwarna pastel dan wangi. kartu-kartu ini aku kelompokkan menurut kategori sesuai dengan kebutuhanku. Lama-kalamaan aku bosen nyiapin kartu kosong, sehingga aku beralih ke buku diari. Tapi, akukesulitan mengkategorikan catatanku sehingga dalam satu buku diari isinya campur aduk, tidakefektif ketika nyari referensi. Kemudian aku berpindah ke file di MS Excel, secara aku udahpunya komputer pribadi. Lumayan terorganisir!

Photobucket - Video and Image Hosting

Bulan pertama menjadi mahasiswa di UNSW, ada pelatihan library skill. Salah satu materinyaadalah endnote. Di sinilah aku kenal dengan software endnote. Software ini selain memprogram penulisan referensi, juga penulisan bibliography. Cakupannya sangat luassehingga memberikan fleksibilitas penggunanya untuk memilih aturan penulisan footnote, endnote atau daftar pustaka mana yang dipakai. Program ini juga dibuat sedemikian rupasehingga kita tinggal klik menu di toolbar untuk merujuk suatu referensi ke tulisan kita di MS Word. Secara otomatis, kutipan, footnote dan daftar pustaka akan di-insert-kan oleh software endnote ini. Selain itu, kita dapat menyimpan identitas suatu referensi yang kita dapat dari suatu direktori jurnal secara otomatis, maksudnya tidak perlu secara manual menuliskan judul, pengarang, penerbit dsb. Instant deh.

Silakan cek lebih lanjut fitur software ini di link ini. Saya yakin ini bermanfaat, terutama bagi sedang membuat literature review untuk penelitian. Saya sudah punya softwarenya edisi terbaru (Endnote X), mau? ^_^

4 comments:

Anonymous said...

untuk menghidari plagiarism juga ma...

siwah said...

boleh donk minta softwarenya... mo download dimana mbak????
thank for ur help....

Endah Retnowati said...

to razi, sudah coba DL trial endNote di www.endnote.com?

atau japri aja kalo butuh lbh lanjut.

MAW said...

Kang Kombor dah ndhak sekolah lagi sehingga ndhak pernah bikin catetan seperti itu. Kalau disuruh sekolah formal lagi kayaknya dah males. Sekolahnya di sekolah kehidupan saja yang tidak perlu nulis end note atau foot note.