29 October 2006

Pap Smear

Apakah pap smear itu?
Pap smear adalah suatu tes sederhana untuk memeriksa kesehatan leher rahim (cervix). Tes tersebut hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dan tidak sakit.

Tes tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi dan mencegah kanker leher rahim.


Mengapa perlu memeriksakan diri untuk pap smear?
Pap smear dapat memperlihatkan tanda-tanda peringatan dini adanya kanker di leher rahim. leher rahim terdapat di dalam vagina, yang merupakan pintu masuk ke dalam rahim (uterus).

Kadang-kadang sel-sel kecil leher rahim yang sehat dapat berubah menjadi tidak sehat (abnormal). Hal ini terjadi tanpa disadari. Sel-sel yang abnormal tersebut dapat ditangani oleh seorang doketer jauh sebelum menjadi kanker. Sampai 90% kanker leher rahim yang paling umum mungkin dapat dicegah jika perubahan sel dini terdeteksi dan diobati.


Siapa yang memerlukan pap smear?
Jika wanita telah melakukan hubungan seks, dia harus memeriksakan diri untuk pap smear setiap 2 tahun. Para wanita harus memeriksakan diri secara teratur sampai dengan usia 70 tahun.
.
Bagaimana pelaksanaan pap smear tersebut?

Pertama-tama dokter akan meminta pasien membuka baju dari pinggang ke bawah dan berbaring telentang untuk pemeriksaan tersebut.
Kemudian dokter akan mempergunakan sebuah spekulum untuk membuka vagina (seperti "tang" tapi dari bahan plastik untuk menahan leher rahim agar tetap terbuka, dan ada lampunya untuk menerangi si lorong gelap itu).
Dengan hati-hati dokter akan mengambil beberapa sel dari leher rahim dengan mengusapkan sebuah sikat kecil atau spatula (seperti cutton bud panjang).
Sel-sel kemudian dioleskan pada kaca preparat dan dikirim ke laboratorium pathology untuk diperiksa di bawah mikroskop.
.
.
Hasilnya kebanyakan normal.
Bagaimana jika hasilnya tidak normal?
Jika hasilnya ternyata tidak normal, hal ini tidak selalu bearti pasien terkena kanker. Sangat penting untuk mendiskusikan hasil ini dengan doketer dan perawatan yang mungkin diperlukan.
.
Berapa biaya pemeriksaan pap smear?
Di Australia, biaya pemeriksaan pap smear yg ditetapkan pemerintah adalah $10.40 (Lihat MBS). Bagi penduduk Australia yg mempunyai asuransi kesehatan medicare atau international student yang dikover oleh worldcare, biaya pemeriksaan ini (dan umumnya pathology yg lain) adalah gratis (dibayar 100% oleh medicare/worldcare). Kalo di Indonesia, duluuuu banget pernah dengar (word of mouth) harganya sekitar Rp 500.000 - an di RS Sardjito, Jogja. Enggak tahu ya sekarang...
.
Apakah lesbian perlu pap smear?
Ya! baca di sini.
.
Tulisan ini disarikan dari link ini, tutorial ini atau google di sini.

No comments: