22 December 2006

Jilbab is My Identity

This wouldn't be such a serious post, don't worry... keep reading! hehehe...

Tidak banyak orang di sekitarku yang tahu kenapa aku pake jilbab ternyata. Parahnya, mereka tidak tahu bahwa aku muslim! Orang di sekitarku di sini maksudnya lingkungan kampus, kerja dan beberapa tempat umum di Sydney dan sekitarnya.

Pertanyaan yang dilontarkan umumnya kenapa pake jilbab, kenapa selalu pake baju lengan panjang atau kamu di rumah pakeannya kek gitu juga? hehe... ini ma pertanyaan biasa... skip aja ya...

Di sekolahku, terutama di ruang belajar research student, gak ada teman yang tanya kenapa aku pake jilbab. Tadinya aku berasumsi, oo... mereka ini mungkin tahu tentang islam. Setahuku, mereka semua non-muslim. Ada sih satu orang yang ngaku beragama islam, tapi mengakui bahwa tidak sholat dan tidak sanggup puasa. Apalagi ibadah yang lain. Kita gak pernah ngomongin masalah agama satu sama lain sih, tapi aku bisa dengan yakin menyimpulkan bahwa semua orang di school-ku adalah non-muslim.

Menjelang natal dan liburan ini, temen-temen yang mau holiday udah pada pamitan... dan anehnya, mereka semua yang pamitan ke aku bilang: Marry Chirstmas... dan semacamnya. Hiks! Akhirnya aku tahu bahwa mereka tidak tahu kalo aku muslim, dan ada satu yang tahu kalo aku muslim tapi mereka gak tahu kalo aku gak merayakan natal. Hiks... ada yang udah takjelasin gitu, tapi mereka masih say good bye sambil bilang Marry Chirstmas lagi... Ya udah, tak biarin aja. Keknya mereka udah latah deh. hehehe... Demikian juga di tempat kerja.

Dulu waktu perayaan paskah, aku juga dikasih ucapan selamat paskah oleh bosku. Terus ada teman satu ruang di kampus yang ngasih coklat sambil wishes untuk paskahku! weks... siapa yang ngrayain paskah gitu loh... ya diterima aja sih... abis kebetulan coklatnya bisa dimakan dan yammm...

Jangan-jangan aku pake jilbab ini dianggap sebagai modifikasi dari nun, kerudungnya suster di gereja katholik itu lo... hiks... Ternyata jilbab belum cukup menjadi identitas, masih perlu media lain.



No comments: