15 December 2006

Sambal Terasi Plus!

Gara-gara nausea aku pengen makan yang seger-seger melulu, termasuk yang pedas seperti sambal terasi plus. Bener-bener menggugah selera makan deh dan lupa kalo sedang hamil muda, hehehe... Kadang kalo makan cuma dikiiit banged, dengan lauk sambal terasi plus ini aku bisa nambah nasi hangat sampe dua kali. Duh! Membuatnya juga cukup mudah, less than 5 minutes. bahan utamanya adalah sambal terasi. Hari gini sambal terasi tu udah ada yang botolan, gak usah susah-susah uleg cabe, mampir ke Asian shop dan pilih SAMBAL ULEK TERASI HOT! ingat ya... yang "uleg" "terasi" "hot". pasalnya aku udah nyoba sambal jenis lain, rasanya gak mantabz.

Ada beberapa macam variasi menyajikan makanan yg menyegarkan ini, yang pasti adalah NASI PUTIH HANGAT. Cara menyajikan sambel:
  1. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng. Ceplok sebutir telur sampe setengah matang tambahkan 1-2 sendok sambel ulek terasi dan sedikit garam. Stir occasionally and done!
  2. Panaskan wajan dengan minyak cukup. Goreng teri ukuran sedang (3-4cm) sampe setengah matang, sisihkan di pinggir wajan. Ceplok sebutir telur sampe setengah matang, aduk-aduk dengan teri tadi. Tambahkan 2-3 sendok sambel ulek terasi dan sedikit garam. Stir occasionally and done!
  3. Seperti nomor 2, tambahkan jagung butir setelah memasukkan sambal. (pilih corn cernel yang frozen, rendam dalam air sebelum dimasak)
  4. Goreng terung ungu yang dipotong memanjang dalam minyak (sampe terendam ya terungnya....). Tiriskan dan campur dengan sambal resep nomor 2.
  5. Tentunya masih banyak variasi yang lain....
Apa ya tips nya.....
  1. Memakai telur dan enggak, rasanya beda loh... aku lebih suka ada telurnya. Waktu menyeplok telur, jangan terlalu diaduk-aduk biar gak terlalu hancur.
  2. Lebih baik pake panas kompor medium aja dan setelah sambal dimasukkan ke wajan, matikan kompor supaya sambal tidak gosong. Kecuali jika pake resep nomor 3 dan 4, bisa ditunggu sebentar sampe sayur tercampur dengan baik.
  3. Aku lebih suka teri yang tidak diasinkan (unsalted dried anchor), garam bisa ditambahkan sendiri sesuai selera.
  4. Dari resep 1 s.d. 4, aku paling suka resep nomer 3. Campuran pedas (sambel), gurih (teri) dan manis (jagung) membuat air liur mengalir....
  5. Resep nomer 4 manis dan enak juga siiih... tapiii... minyaknya itu looh... Mungkin bisa dikurangi kalo terungnya tidak digoreng, yaitu dioven. Caranya, terung diolesi minyak olive/sayur aja seadanya... :) terus diletakkan di loyang dialasi kertas alumunium. Tapiii.... males banget ngidupin oven!
Namanya sambel ya pedes... meskipun menggugah selera makan dan menghilangkan nausea, aku cuma bertahan suka makanan ini satu minggu doang. Karena perut mules, aku gak mau dan gak selera makan sambel ini lagi. Tapi kalo lihat fotonya.... hhhmmm.... tetep ngences deh! hehe...

5 comments:

Unknown said...

hooh.. ngences gw...
sesekali mbok ya aku dianterin gituan ke rumah...

Endah Retnowati said...

tak-anterin beneran nanti km bingung nyari dollar loh! hehehe...

Aya Nurdin said...

Mbak Endah....jadi ngiler banget neh.....slurp (meleleh deh....)

Endah Retnowati said...

emang slurrrppppzzzz....... :P

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!