19 December 2006

Kangen Mbah Putri

Mbah, kapan dan gimana aku bisa membalas jasa-jasamu...

-foto Mbah putri setahun yang lalu, aku ambil pake SE508i-

Mbah putri sangat berjasa dalam masa tumbuh kembangku
Sejak bayi, semasa TK, sekolah SD, SMP dan SMA
Menyiapkan sarapan sebelum sekolah, makan siang setelah pulang sekolah dan makan malam, dengan rasa masakan yang selalu lezat. Meskipun lagi enggak mood masak, Mbah rela berjalan ke rumah tetangga mbeliin aku makanan jadi... tau-tau aja saatnya makan, semuanya sudah siap... Tak jarang aku ditawari pengen makan apa...

Mbah juga
Membuatkan aku teh hangat kalo sedang lembur belajar
Membuatkan aku air kacang ijo kalo aku sariawan
Menyisihkan jajan-jajan enak untukku, daripada untuk cucu yang lain

Semasa itu aku cuma bisa membantu nyapu dan ngepel lantai
Nyeterika baju Mbah dan menjahitkan daster yang sobek
Nyuci piring atau nyuci baju Mbah putri hanya kadang-kadang saja
Karena sering keduluan simbah yang ngerjain...
Mbah putri emang rajin dan penuh pengabdian

Mbah paling cocok dengan kerokan dan pijitanku
Mbah juga paling cocok kalo bepergian ditemani olehku
Aku juga paling cocok kalo curhat ke Mbah putri
Mbah siap mendengar dan tidak menghakimi

Kalo tak tinggal jauh (meskipun cuma ke rumah orang tuaku yg hanya 4 km), mbah putri selalu melepasku sampe depan rumah, dilihat sampe aku hilang di belokan gang
Tak jarang aku dilepas dengan air mata
Kalo aku datang selalu disambut dengan pelukan dan ciuman
Yang hangat dan erat, lebih hangat dan erat dari pelukan yang lain

Mbah, aku kangen... pengen pulang dan bobok dikeloni mbah lagi...
Seperti dulu...

dan
Aku ingin selalu berterima kasih untuk Mbah putri...

-dengan uraian air mata karena rasa kasih dan kengen tak terikira-

2 comments:

Unknown said...

hiks hiks...jadi ikut2an cedih... aku jadi inget nenekku...aku manggilnya UMI.. sama banget aku juga cucu kesayangan...sering dikelonin

Endah Retnowati said...

emang enak dikelonin ^_^