06 December 2006

Jaman Kos

Beberapa hari ini aku sering ingat jaman kuliah, khususnya kehidupanku selama di kos-kosan. Rasanya pengen kembali ke masa-masa yang menyenangkan. Terngiang juga masa-masa menyedihkan, yang ternyata bisa dilalui dan berlalu menjadi masa lalu.

Kuliahku dulu di Jogja, dan pertama kali aku menetap di kota itu tahun 1998. Jogja berjarak 5 jam dengan bus umum dari Kudus, kota kelahiranku. Aku tidak punya keluarga di Jogja, jadi aku harus nyewa kamar untuk bernanung, istilahnya ngekos.

Pertama kali ngekos, aku tinggal di kosan yg serumah dengan ibu kos, pemilik rumah. Dapur dan kamar mandi jadi satu. Kamar yg dikoskan juga cuma4 kamar. Rumah itu memang tidak besar apalagi megah. Dindingnya kusam, lantainya cuma diplester semen alias tidak berubin. Ibu kos adalah janda beranak 5. Pekerjaan tetapnya adalah sebagai tukang cuci, yg waktu itu masih manual banget. Uang tambahan diperoleh dari hasil menyewakan kamar, yg dibuat dengan hanya menyekat ruang tengah dengan triplek. Pintu kamar mandi hanyalah seng, yang kalo ditutup mak krrreket... Harga kos setahun (1998-1999) cuma Rp 450.000 fully furnished, dengan ongkos listrik Rp 3000 per bulan. AKu memilih ngekos di rumah ini hanya karena kamarnya terang dan harganya murah. that's it, tidak mempertimbangkan keamanan, kamar mandi, lantai, dinding, orang-orangnya, dsb. Tanpa cang cing cong langsung tembak.

Temen satu kos dan keluarga ibu kos adalah keluarga pertamaku di Jogja. Hubungan antara anak kos dan keluarga ibu kos lumayan akrab pada awalnya. Kita saling kenal dengan baik, bahkan ada temen kosku yg sampe kenal dekat dg anak bu kos. Oh ya, semua yang tinggal di rumah itu adalah cewek, dan umurnya hampir sebaya (kecuali ibu kos). Di kepalaku sekarang yg terngiang adalah satu demi satu peristiwa yg terjadi di masa itu. Nonton TV, nyuci bareng, makan bareng, ngobrol di teras rumah, tidur di kamar temen, pinjem-pinjeman sandal, ngutang, curhat tentang cowok, nungguin pak pos, ngantri di wartel, belajar semalam menjelang ujian, dsb. Wah kalo diceritain bisa sampe dua tahun... hehe... karena aku tinggak di rumah itu hanya dua tahun saja. Aku pindah, dan semua temen-temenku seangkatan juga pindah karena kita merasa tidak nyaman lagi dengan keluarga ibu kos. Karena suatu masalah yg kita sendiri tidak jelas. Kita dituduh ngerasani keluarga ibu kos, yg notabene ada salah satu anak ibu kos yg hamil di luar nikah... padahal sebenernya kita gak pernah ngrasani... wkatu itu kita ngobrol biasa aja, kumpul2 di kamar seperti biasa.... hiks.... Kami berlima: Titik, Lis, Eti, Yuyun dan aku. Akhirnya nyebar pindah kos sendiri-sendiri, kecuali Titik dan aku pindah ke rumah kos yg sama.

Kosanku yang kedua. Rumahnya agak mending, lantai berubin, sebagian keramik, besar dan terpisah antara kosan dan rumah induk (tapi bersebelahan). Gak kenal akrab dengan keluarga ibu kos, tapi akrab banged dengan anak kos lainnya yg kira2 15-an anak. Sampek ada iuran bulanan, jadwal piket nge-pel rumah ama bersihin kamar mandi, hal yg gak ada di kosanku yg lama. Lagi-lagi aku memilih rumah ini karena murah dan kamarnya terang oleh cahaya matahari. Murah dibandingkan harga kosan tahun itu (2000). Aku cuma mbayar Rp 600ribu setahun fully furnished. Tapi kamarku kecil, berukuran kira-kira 2.5 x 2.7 m. Cukup untuk satu orang saja, untung aku gak punya banyak barang, kecuali buku. Salah satu teman ada yg punya TV, di hari-hari tertentu kita sering nonton sinetron bareng. Seru deh. Masih ingat dulu jaman sinetron cerita cinta (atau apa ya??) yg dibintangi Tengku Frimansyah ama Cindy Fatikasari. backsongnya lagu Dewa dan sinetron/film yg lain. Yg seru juga kegiatan nyuci bareng, masak bareng, antri mandi, air habis numpang mandi di kos sebelah, pinjem-pinjeman sandal masih berlanjut, bakar jagung, ngerjain cowok, curhat, nangis-nangisan, ngerjain tugas bareng... oh ya, ada 3 orang temenku sekelas, sejurusan yg tinggal di kosan itu.

Personally, aku banyak mengalami perubahan. Dari rajin belajar menjadi agak rajin belajar, kebanyakan ngrumpi dan main, hehe... Dari punya pacar menjadi gak punya pacar. Di-pdkte-in ama cowok. Itu saja sih. Temen-temen di situ berkesan banget. Banyak yg suka curhat ama aku, karena aku kalo dicurhatin cuma ndengeriiiinnn terus dan gak tak ceritain ama orang lain. Ada dua orang temen yg ngekos sekamar. Keduanya saling konflik, yg satu begini dan yg satu begitu. Tapi gak berani negur, cuma pada diem-dieman. Tapi masing-masing curhat ama aku saling cerita si ini benini si itu begitu. Seru deh.... Ada yg curhat tentang cowok begini dan begitu. Padahal aku sendiri juga nangis-nangis darah sampe kurus karena putus ama pacar, padahal aku sendiri yg mutusin, hahaha.... Sebagian besar dari temen-temenku di kos ini udah pada lulus, kerja dan nikah. Seandainya bisa reuni, indahnya...

Aku pindah ke rumah kos ke-3 tahun 2002. Alasannya, harga kos naik dan temen dekatku Titik udah lulus. banyak temen2, mbak-mbak yg udah lulus juga. Kosan jadi kurang rame dan anak-anak baru kurang asik. Temen satu kosku juga ikut pindah dan kita kos sekamar berdua. Dia bernama Nisa. Nisa ini bener2 temen. Nisa, where are you now... I miss you so much! Ini orang paling penurut. Baik banget ama aku, tak suruh begini begitu nurut. Enggak protes. Aku marahin juga diam aja, paling senyum2 soalnya aku marah2nya gak mutu, hehe... Kadang2 agak manja sih ama aku... dan dia malesnya bukan main. Kamar kita bagi manjadi dua area, areaku dan dia. Di wilayah kekuasaan dia, fyuh... berantakan. Emang dia merasa nyaman dengan berantakan. Tur aku yo luweh wae, kalo aku berantakin tempat dia gak masalah... toh emang aslinya berantakan. Aku juga suka ngabisin jajan dia. hiks... dia kayak sodaraku. Bener2 deket. Aku lulus kuliah semasa di kos ini. Masih ingat dulu syukurannya, makan-makan ayam panggang masakan ibuku. Dibawain langsung dari Kudus, aku cuma nyiapin nasi, lalapan dan sambel. seru deh... rame banget. kata bapakku, kayak ayam dikasih jagung. hehehe... Terakhir ketemu Nisa waktu dia wisuda. Di hari wisudanya, dia tinggal di kosanku yang ke-lima. Oh ya, ceritanya dia lulus pendadaran langsung pulang kampung, dari pada di Jogja cuma nungguin wisuda. Aku yang merias dan nyiapin pakean wisudanya. Masih ingat, sebagai syukuran wisuda dia gak ngajak aku makan-makan apa gitu cuma beliin aku apel, alasannya biar aku diet. hehe...

Aku pindah kos yang keempat, karena adikku mau kuliah di Jogja. Jadi nyari kosan yg bisa sekamar dengan adikku. Kosanku yg keempat ini isinya anak-anak orang kaya (kecuali aku). Hampir semuanya anak UGM (kecuali aku dan adikku). Waktu itu aku udah cpek tinggal di ksan menyedihkan kali ya... Gak ada piket, soalnya ada pembantu yg bersihin sekitar kosa, fully furnishes kasurnya busa (biasanya kasur kapuk yg udah keras), ada kulkas, sekurity door, hehe... tapi harganya memang mahal, Rp 250ribu sebulan (tahun 2003). Aku udah kerja. Alhamdulillah affordable. Di kos pertama sampe ketiga aku, sebagian besar aku bayar sendiri juga sih tapi cuma dari beasiswa toyota astra yg lumayan (waktu itu). Oh ya, ingat nih... uang sakuku sebulan tahun 1998 cuma Rp 20ribu (mesti disisain untuk naik bis mudik RP 9rb). Percaya gak percaya. Paling banyak seumur-umur jaman kuliah dikasih orang tua adalah Rp 100rb dan itu sekali dua kali, malah aku gak tega ama orang tua. Aku hidup dari ngasih les matematika, beasiswa (sepanjang kuliah dapat beasiswa terus) dan hidup a la irit. namun, ini bukan mengeluh loh... aku bahagia menjadi seperti itu.

Di kosan keempat ini aku akrab dengan keluarga ibu kos. Ada mushola dan keluarga ibu kos ini rajin sholat jamaah. Selain itu anak-anaknya juga sebaya dan seangkatan. Makan bareng, fitness (cieh... udah bisa bayar ongkos), nonton TV, ngobrol dsb. Cuma aku merasa tua di kosan itu. yang ngekos kebanyakan anak-anak baru kuliah seumuran adikku. Aku paling ngobrol ama anaknya ibu kos yg seumuran, ama anak kos yg lain cuma sekedar kenal. Paling denger cerita ttg anak2 kos dari adikku aja. Lagian aku kerja, udah mulai sibuk. Temen-temen kuliah senagkatanku udah banyak yg lulus dan pulang ke kota masing-masing. hiks...hiks... kemudian aku pindah lagi karena eman-eman duit. Pengen nabung. Cuma bertahan 6 bulan saja di kosan ini. Tapi setelah pindah, aku masih akrab dan sering main ke rumah mereka juga.

Di kos kelima, jauuuuh dari kampus. Mesti naik bis kalo ke kampus. Harga kos emang lumayan murah, Rp 1,2juta setahun (2005). Kamarnya enak, bright and airy. Letaknya bersebelahan dengan rumah induk. Yang ngekos sedikit (4orang) dan pada sibuk kerja. yang aktif di kos cuma 3 orang, aku, adikku dan satu orang lagi namanya Harni. Mahasiswa. Tapi untuk biaya hidup, dia kerja bersihin rumah bu kos, nyuci pake mesin sih, nyetrika dan kadang-kadang masak. Harni ini juga baik ama aku. Kalo aku masuk angin, kerokan Harni ini mantab. Duh... kangen kerokan Harni.

Sebenernya di kosan terakhir ini suasanya sepi, gak seperti kosan sebelumnya. yang bikin rame cuma adikku aja. Gak ada piket, gak ada makan-makan, ngrumpi, dsb. Seperti ada sinyal bahwa sudah saatnya memulai hidup baru. Dan emang aku menikah setahun setelah tinggal di kosan ini, tahun 2006. Kehidupan baru dimulai. Sekarang aku masih tinggal di kos-kosan, tapi kosan yg sekarang beda. Seperti rumah sendiri, semuanya diatur sendiri mulai dari pasang telpon, listrik dan cari isinya. Bahkan pake tanda tangan kontrak segala. Kehidupannya bener2 individu. Aku enggak kenal temen satu kosku. Tidak ada acara bareng dengan temen satu building. Yup, kosan sekarang yg aku maksud adalah flat di sydney.

Kehidupan yang bergulir dan berubah. Jadi ingat kata orang bahwa tidak ada yang tetap dalam hidup ini, yang tetap adalah perubahan itu sendiri. Singkatnya, perubahan itu akan tetap terjadi. Seharusnya aku menyadari aku punya kehidupan yang bisa dipelajari, sehingga membuat perubahan yang berarti.

Anyway, ini postingan terpuanjangkuuuu..... menceritakan kehidupan selama 8 tahun yang lalu. Ini pun baru tentang pindah kos, belum satu per satu lembaran kisah hidupnya. Byuh...

4 comments:

Anonymous said...

kalo saya ga pindah2 kos.. abis dah enak dan nyaman..

Aya Nurdin said...

Yah...kadang-kadang kalo kos-kosan untung-untungan juga seh. Syukur2 kalo dapat ibu kos dan teman kost yang pengertian, kalo gak...alamat bakal gak tenang tinggal disana. Hidup dikost-an keuntungannya melatih kita jadi lebih mandiri dan dewasa. Tapi sedihnya bertahun-tahun gak bisa kumpul bareng keluarga (aku 6 x Idul fitri tanpa keluarga, hiks). Nasib anak kost....(lagunya P Project)

superiorpics said...

Itu Kudus yang Kabupaten di Jawa Tengah ya?
Atau ada yang laen, kok cuman 5 KM dari Jogja?

Eh, salam kenal :D

Endah Retnowati said...

to Anang, nggak repot kan ya... pengennya juga gitu, tp nasib...nasiiib...

to Aya, yg sabaaar.... :P

to Aryo, eh iya... tengkyu koreksinya. Udah tak publish ulang.

Salam kenal juga :D