09 December 2007

Bak Pao


Tanpa basa-basi, berikut resep dan cara membuatnya, :)

Langkah pertama adalah menyiapkan adonan luar:

  1. Cairkan 2 sdm mentega sampai berminyak, dinginkan.
  2. Aduk 150 ml susu hangat, 1 sdm gula pasir dan 75 gram ragi kering (dried yeast). Diamkam sampai berbuih, kira-kira 5 menit. Jika tidak berbuih, berarti ragi yang dipakai sudah mati -beli yang baru dong... :P-
  3. Ke dalam baskom besar, masukkan 500 gram tepung terigu dan 3 sdm gula pasir
  4. Dengan menggunakan jari tangan, uleni campuran tepung dengan susu (no. 2) dan minyak (no. 1) sampai kalis. Jika perlu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan kalis atau tidak lengket. Jangan buru-buru menambahkan air, meskipun kelihatannya adonan kering.
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik, diamkan di ruangan hangat sampai mengembang 2x lipat, kira-kira 45 menit - 1 jam.
  6. Pukul-pukul adonan, buat bulatan-bulatan kecil sebanyak 10 - 20 buah. Diamkan lagi sampai 1 - 2 jam.
Langkah kedua, sembari menunggu adonan mengembang, adalah membuat isian. Terserah sih mau diisi apa... kalo aku tadi sih tak isi tumis daging, tahu dan sayuran (wortel, jagung butir dan peas) plus kecap manis... tumis ini seperti biasanya tumis, cuma bahan--bahannya diiris kuwecil-kuwecil, hehe... dan pokoknya ya... pokoknya... diisi dengan yang "manis", rasanya lebih enak...

Setelah adonan mengembang semua, siapkan kukusan. Tutup kukusan dibungkus dengan kain/serbet agar uap air tidak jatuh ke adonan nantinya.

Langkah terakhir adalah mengisi adonan. Caranya, tipiskan adonan di atas talenan berbentuk lingkaran, kemudian masukkan isiannya satu sendok atau lebih terserah sesuai selera. Katupkan bulatan adonan dengan cara menyubit-nyubit pinggirannya agar menyatu dan membentuk seperti bola. Beri alas kertas, kukus selama kira-kira 20 menit.

Dengan resep tersebut, aku tadi membuat 20 bak pao ukuran satu genggamanku. bbmbmmbmm...

NB. katanya sih ada pelembut adonan bak pao, tapi tadi aku gak pake... emang sih tidak se-perfect yang di toko, untuk amatiran, at least hasilnya tetap memuaskan kok.

No comments: