19 November 2007

Muffin

Saya baru tahu setelah tinggal di Sydney beberapa saat kalau jajanan yang namanya maf-fin ini sangat populer dan mudah dibuat. Saya sering mendapatinya di acara morning tea di kampus, di kantin, supermarket dan di rumah teman. Iya, temen saya (baca: bule) suka banget buat maf-fin untuk menjamu tamu. Umumnya dimakan sebagai snack bersanding dengan secangkir kopi hangat. Bagi saya sih lebih enak disambung dengan minum jus buah atau air es, secara roti ini bikin haus :)

Memang roti jenis ini sangat mudah dibuat. Sore tadi setelah menidurkan Ahnaf, saya membuatnya hanya dalam waktu 30 menit (10" persiapan, 15" masak, 5" nyuci alat-alat). Hasilnya sangat memuaskan. Mohon maaf kalo fotonya ga begitu jelas, kamera saya sepertinya memang minta di-ap-gred.

Get ready:
Oven 180C
Muffin baking pan (6 or 12 holes doesn't matter)
Patty case (if required, e.g your pan is sticky)

First, COMBINE:
1,5cups self raising flour (plain flour + 3ts baking powder)
0,5cup caster sugar

Second, MIX:
1 egg, beat with fork
3 tbs melted and cold butter/margarine
0,5 cup milk

Third, for flavouring (optional):
5 tbs dried fruits or
5 tbs choc chips

  1. Mix the first and the second finely with spatula.
  2. Add the third, stir.
  3. Put in the muffin pan. Learn your pan whether you need patty cases or to spread with butter.
  4. Bake in oven 180C for 15 minutes. Done.

This is a basic recipe, thanks for Mary. It makes 24 small/12 big muffins.

Seandainya saja Ahnaf sudah besar, pasti dia akan senang makan roti ini. *membayangkan*

1 comment:

Anonymous said...

kirimin kesini.. anget2 yah.. :P